Rabu, 29 Juli 2015

Sensasi " Nyemplung " di Danau Es

BAGI orang Finlandia, sauna bukanlah sebatas langkah untuk mencari kehangatan pada musim dingin. Sauna yaitu pola hidup. Tiap-tiap rumah di negeri di utara " Benua Biru " itu mempunyai tempat sauna. Masalah pribadi sampai masalah negara dapat dibicarakan sembari bersaunaria.

Kami mencicipi sauna saat berkunjung di suatu vila mungil nan cantik bernama Villa Paratiisi. Paratiisi bermakna 'surga'. Vila di pinggir Danau Poikkipuoliainen ini ada di lokasi Taman Nasional Nuuksio. Vila berjarak 10 km. dari Haltia The Finnish Nature Center. Tetapi, lantaran tak ada jalan segera, kami mesti memutar serta meniti jarak 50 km dari Haltia.

Sesaat Haltia berjarak seputar satu jam perjalanan bermobil dari Helsinki. Menurut Direktur Haltia Tom Selänniemi, Haltia adalah jendela untuk lihat alam asli Finlandia. Haltia juga jadi misal bangunan umum yang berkepanjangan. Diinginkan, dengan berkunjung ke Haltia, pengunjung terdorong untuk terjun ke alam sesungguhnya.

" Rencana berkepanjangan tampak dari bangunan yang semuanya terbuat dari kayu. Tak ada besi baja. Begitupun semen, terkecuali pada fondasi. Kayu yang dipakai yaitu blok yang terdiri atas susunan kayu timber serta spruce atau pohon natal yang dipadukan dengan lem. Susunan bangunan disusun dari blok-blok kayu ini seperti kita membuat lego, " tuturnya.

KOMPAS/SRI REJEKI Menyalakan kompor sauna memiliki bahan bakar kayu di Finlandia.
Dengan material ini, bangunan dapat menaruh panas serta kelembapan hawa serta memakainya sesuai sama keperluan. Demikian juga dengan listrik. Panas yang di tangkap dari cahaya matahari disalurkan ke bebatuan didalam bumi serta di proses jadi listrik. Beberapa besar daya dipenuhi sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar